Mesuji, modal gaul paling ajib
Modal Gaul paling Ajib


Movie

12 Agustus 2009

Merah Putih, Peperangan Gaya Hollywood

Merah Putih, Peperangan Gaya Hollywood

indowebster

Sebagai kado ulang tahun Republik Indonesia tercinta, hadir satu film tema perjuangan yang memang jarang banget diproduksi sama orang Indonesia. Judulnya Merah Putih, yang diangkat dari kisah nyata para pejuang sewaktu mengalami peperangan pada peristiwa Agresi Militer Belanda II tahun 1947.

Kayak film genre perjuangan pada umumnya, Merah Putih bercerita soal perjuangan dalam merebut kemerdekaan dari penjajah. Di kisahkan lima orang cowok yang semuanya masih muda punya niat bareng untuk mendaftar ke sekolah tentara rakyat. Dari kelimanya ini punya karakter dan latarbelakang yang beda. Maka dalam cerita film sering banget kejadian ribut antara mereka.

Ternyata dari perbedaan karakter dan juga sifat, mereka sadar kalau harus bersatu. Apalagi semenjak Belanda mendadak menyerang kamp dan menewaskan teman-teman mereka. Pembuktian diri sebagai anak-anak bangsa mereka lakukan dengan berjuang melawan penjajah Belanda.

Film Merah Putih asli disutradarai sama orang Indonesia yakni Yadi Sugandi, tapi asisten sutradaranya adalah Mark Knight yang pernah menangani December Boys dan Beautiful. Dari segi visual effect semuanya dipegang sama Adam Howarth yang pengalaman di film perang kayak Saving Private Ryan dan Blackhawk Down. Sementara soal ngurusin peran pengganti atau stuntmant ada Rocky McDonald yang pernah menangani Mission Impossible II dan The Quiet American.

Make-up dan visual effects nya digarap oleh Rob Trenton yang pernah menangani film The Dark Knight. Biar lebih waah, segala ada konsultan ahli persenjataannya yaitu John Bowring yang pernah memegang Crocodile Dundee II, The Matrix, The Thin Red Line, Australia, X-MEN Origins: WOLVERINE.

Film yang cuma syuting enam bulan tapi perencanaannya sampai dua tahun, merupakan sekuel pertama dari trilogi kemerdekaan dan tayang di bioskop mulai 13 Agustus 2009. Film ini antara lain dibintangi Lukman Sardi dan Darius Sinathrya yang katanya mesti ikut latihan militer dulu sebelum syuting.

Merah Putih berformat seluloid 35 milimeter yang memakan biaya lebih dari enam juta dolar atau sekitaran 6 milyar rupiah. Dimodali sama pengusaha Hashim Djojohadikusumo yang merupakan adik kandung capres Prabowo Subianto. Ceritanya sendiri merupakan pengalaman dari seorang pejuang Margono Djojohadikusumo yang enggak bukan adalah kakek dari pengusaha Hasjim Djojohadikusumo sendiri (dari berbagai sumber). sph